Minggu, 27 Januari 2013

Pekerjaan Petani


Pada liburan akhir semester yanglalu, saya pergi ke rumah paman di desa. Kebetulan, pada saat itu sedang musim tanam. Saya melihat tanh luas terbentang. Tanah itu, sedang digarap oleh para petani untuk ditanami padi.
Tanaman padi di sawah itu adalah hasil kerja petani. Tanpa kerja keras petani, kita tidak akan dapat makan nasi. Setiap pagi, petani pergi ke sawah. Siang hari, ia pulang untuk beristirahat. Sehabis istrihat, ia bekerja lagi sampai sore.
Ingin tahukah kamu bagaimana petani menanam padi ? mula-mula, petani mengusahakan bibit unggul dari koperasi petani. Bibit itu kemudian disemaikan di lahan yang sudah disiapkan. Setelah dua minggu bibit itupun tumbuh.
Selanjutnya,petani mengolah tanah untuk menanam bibit yang sudah tumbuh itu. Cara mengolah bisa dengan dibajak, memakai traktor, atau dengan dicangkul. Setelah lahan siap, barulah menanaminya. petani harus merawat padi dengan mengairi, memupuk, dan menyemprotkan antihama jika memang ada hama. Kegiatan mengusahakan bibit unggul, mengolah tanah, mengairi, memupuk, dan menyemprot anti hama itu disebut pancausaha tani. Panca artinya lima, usaha artinya kegiatan, dan tani artinya bidang pertanian. Jadi pancausaha tani artinya lima kegiatan pertanian untuk mendapatkan hasil yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar