Selasa, 23 April 2013

Kelebihan dan Kekurangan Software Open Source


Pengertian Open Source Software (OOS)
Pengertian open source itu merupakan suatu kode sumber (source code) yang terbuka yang mana kita diberikan kebebasan dalam menggunakannya, baik untuk dipelajari, ditambahkan, dikurangi, dimodifikasi atau direvisi ulang semua itu boleh dan bebas tanpa harus membayar royaliti kepada pembuat sebelumnya, akan tetapi bebas dalam artian disini bukan berati bebas sebebas-bebasnya tanpa ada pertanggung jawaban, bebas yang dimaksud disini bebas dengan mempertanggung jawabkan secara bersama dan tidak menghilangkan hak cipta (copyright) pembuatnya.

Pengembangan Open Source Software (OOS)
Awal mula open sourcw karena adanya belenggu industry software pada tahun 1971 yng menutup semua source code yang sudah terkompilasi dalam bentuk biner dan pelarangan modifikasi (eksklusif). Pada tahun 1983 lahirlah sebuah proyek GNU oleh Richard M Stallman dan kemudian tahun 1991 lahir GNU/Linux oleh Linus Trovalds, dari sinilah muncul gerakan free/open source sampai sekarang. Umumnya software open source dikembangkan secara kolaboratif oleh publik dan hasilnya bebas dimanfaatkan oleh siapa saja secara gratis. Berbeda dengan software komersial yang dikembangkan vendor tertentu dan untuk menggunakannya kita harus membayar lisensinya.

Contoh software Open Source (OOS):
Berikut ini adalah beberapa contoh software open source populer antara lain:

·                     Linux : software sistem operasi gratis.
·                     Mozilla Firefox : program untuk menjelajahi halaman web di internet (web browser).
·                     OpenOffice : paket program perkantoran untuk mengolah kata, tabel, dan database.
·                     ClamAV & ClamWin : program antivirus.
·                     GIMP : program pengolah foto dan gambar digital.
·                     Audacity : program perekam dan pengolah audio.
·                     VideoLAN : program pemutar file multimedia (audio dan video)
·                     Blender : program untuk pembuatan model 3 dimensi, seperti animasi dan game.
·                     XAMPP : paket program untuk simulasi dan pengembangan web, termasuk di dalamnya Apache       (web server) dan MySQL (database).
·                     osCommerce : program aplikasi web untuk toko online.

Keuntungan Menggunakan Open Source Software (OOS) :
Banyak manfaat positif yang bisa kita peroleh dengan menggunakan Open Source, diantaranya :

1.  Kreativitas : Dengan Open Source kita bisa mempelajari cara kerja suatu perangkat lunak, memodifikasinya, bahkan membuat produk baru dari sumber yang ada.
2.    Kemandirian : Kita tidak perlu lagi tergantung pada suatu produk tertentu, bahkan dengan Open Source kita bisa membuat produk yang sekelas dengan perusahaan berskala raksasa seperti Microsoft.
3.      Penghematan :
a.       Hemat Biaya : Berapa banyak biaya yang perlu kita keluarkan untuk pembelian suatu produk proprietary seperti Windows, Photoshop, MS Office dan lain-lainnya
b.      Hemat Devisa : Berapa banyak devisa negara yang harus lari keluar negeri jika kita terus menggunakan produk proprietary

4.      Legalitas :

a.       Mengurangi Tingkat Pembajakan : Open Source memungkinkan kita untuk tidak lagi menggunakan milik orang lain secara tidak sah atau dengan kata lain kita tidak perlu lagi menjadi pencuri.
b.      Meningkatkan Citra Negara : Tahukah Anda bahwa pembajakan menjadikan citra negara menurun ? Dan ini secara tidak langsung membawa akibat buruk pada hubungan dagang dengan luar negeri.

Kekurangan Open Source Software (OOS) :
Selain membawa manfaat, tentu saja Open Source juga mempunyai kekurangan, diantaranya :

1.      Kurangnya dukungan vendor : Harus diakui, masih cukup banyak vendor – baik Hardware, Software, ataupun Game – yang belum memberikan dukungan penuh pada Open Source. Dan hal ini tentu saja cukup menghambat perkembangan Open Source.
2.      Kurangnya dukungan support : Karena belum cukup memasyarakat, maka dukungan support juga masih cukup sulit untuk ditemukan. Support untuk Open Source selama ini masih banyak bergantung pada Internet. Sehingga cukup menyulitkan mereka yang tidak mempunyai akses penuh pada Internet.
3.      Kurangnya dukungan bisnis : Pandangan bahwa Open Source adalah gratis dan tidak bisa membawa manfaat bisnis sangat menghambat para pebisnis yang akan terjun di Open Source. Kurangnya dukungan dari pebisnis ini membuat Open Source tidak bisa mempromosikan dirinya secara baik dan ini secara tidak langsung membuat pengenalan Open Source menjadi lebih lambat.
4.      Kurangnya promosi : Masih banyak orang yang beranggapan Open Source susah untuk dipergunakan, padahal perkembangan Open Source belakangan ini sudah cukup pesat dan bahkan dalam beberapa hal terkadang mampu menggungguli produk closed source. Kesalahpahaman ini bisa terjadi karena kurangnya promosi akan Open Source.

Kesimpulannya yaitu tidak ada salah nya jika teman-teman menggunakan open source apalagi software ini free tanpa harus membayar dan mendapatkan wawasan terbaru menggunakan software tersebut.

Referensi :


1 komentar:

  1. mau tanya..
    apa kelebihan dan kekuranga masing-masing lisensi sehingga kita bisa memilih dan menggunakan software??

    BalasHapus